Thesaurus untuk Paraphrasing

By: @harimury

Posted 01 Jun 2011, updated 02 Nov 2011

Menyambung tulisan di BlogNotes yang lalu, tulisan kali ini membahas cara menggunakan Thesaurus pada Microsoft Word (2003, 2007, atau 2010) untuk melakukan paraphrasing. Sebelumnya akan dijelaskan sedikit tentang pentingnya paraphrasing untuk menghindari godaan plagiarism.

Kita mulai dengan situasi seperti ini: Anda harus membuat paper (dalam bahasa Inggris), lalu anda menemukan satu referensi yang kebetulan menyebutkan satu hal yang selama ini anda cari untuk menambal kekurangan di paper anda. Maka ada dua pilihan secara akademis, mengutip apa adanya dengan tanda kutip langsung ("...") atau melakukan paraphrasing agar padu dengan tulisan kita sendiri.

Yang sering tidak dimengerti oleh mahasiswa umumnya adalah, dengan adanya internet seolah copy-paste itu dibenarkan. Padahal kita hanya punya dua pilihan: dikutip utuh atau di-paraphrase, dengan catatan: baik dikutip utuh maupun diparafrase, sumber tetap harus dicantumkan. Umumnya ketika menulis paper, mahasiswa (jangan-jangan dosen juga...) buru-buru copy-paste tanpa tanda kutip, apalagi menyebutkan sumbernya. Dalam dunia akademik, ini disebut plagiarism.

Plagiarism adalah dosa akademik yang tak terampuni. Lihatlah kasus-kasus penjiplakan disertasi, penjiplakan penelitian oleh Guru Besar, dan masih banyak lagi, yang akhirnya si pelaku "dihukum" karena publikasi. Setahu saya, plagiarism itu banyak dilakukan (ada yang bisa bantu dengan data? please...) tapi umumnya orang enggan membicarakannya. Ada juga mindset publik yang mengatakan bahwa yang terungkap itu hanya karena mereka sedang apes saja. Menurut saya, ini salah satu sebab kemandegan penelitian dan ilmu pengetahuan di Indonesia, selain kurangnya pelatihan penulisan ilmiah yang terprogram dengan baik.

Lalu bagaimana supaya kita terhindar dari plagiarism "yang tidak disadari" itu? Prinsip utamanya adalah kejujuran: selalu cantumkan sumbernya. Membangun kemajuan ilmu pengetahuan itu ibarat membuat gedung. Kalau yang dilakukan orang-orangnya sekedar copy-paste, proses pembangunan itu ibarat membangun gedung dengan hanya memindah-mindah bata yang sebenarnya sudah dipasang orang lain di sudut yang berbeda, bukan menambahinya dengan batu bata hasil jerih payah kita sendiri. Kalau sudah demikian, bagaimana gedung itu akan selesai?

Cara Menggunakan Thesaurus dalam MS Word

Sekarang langsung ke hal yang praktis: bagaimana secara teknis menghindari plagiarism kalau kita menggunakan bahan dari internet, misalnya. Caranya: gunakan saja fitur Thesaurus dalam Microsoft Word.

  1. Mula-mula kita taruh kata-kata yang akan kita masukkan ke dalam paper kita. Selanjutnya, kita melihat inti pokok kalimat itu, kemudian dengan bantuan Thesaurus, kita akan merombak kalimat itu, baik susunan maupun kata-katanya dengan tetap mempertahankan maknanya.
  2. Misalnya, yang akan kita masukkan dalam paper kita adalah: "Take, for instance, the phenomenon of people lending books to their friends – a phenomenon which absolutely dwarfs, by several orders of magnitude, online piracy of copyrighted books." (dikutip dari Eric Flint, dari pengantarnya untuk Baen Library).
  3. Kita melihat bahwa unsur pokok yang terpenting dari kalimat itu adalah: "phenomenon of lending books"(S) "dwarfs"(P) "online piracy of copyrighted books"(O), atau bahwa pembajakan online itu jumlahnya tidak seberapa jika dibandingkan jumlah orang yang saling meminjamkan buku (atau meminjam buku dari perpustakaan).
  4. Lalu kita mulai gunakan Thesaurus. Kata "for instance" itu kita select, lalu kita tekan tombol Shift dan F7 pada keyboard, maka akan keluar Thesaurus di sebelah kanan layar. Kita bisa memilih salah satu kata yang tersedia, misalnya kata "for example". Klik menu drop-down pada kata "for example" lalu klik Insert, maka kata for instance pada dokumen kita sudah berubah menjadi for example. Ulangi proses ini sampai sebagian besar kata itu sudah kita ganti menggunakan sinonimnya.
  5. Setelah itu, kita mulai bisa merombak kalimatnya menjadi beberapa alternatif:
    • Flint states that if we look at the phenomenon of lending books among friends worldwide, we will find the piracy of copyrighted materials on the internet an extremely minor issue; atau
    • Flint shows an example of the phenomenon of borrowing books among friends, which is substantially more serious than the piracy of the protected materials on the internet.

Dengan demikian, kita sudah melakukan usaha untuk menghindari plagiarism sebagai syarat pertama kemajuan ilmu pengetahuan. Happy paraphrasing...


Komentar


  1. dina mariana, 07 Feb 2012:

    good, mungkin bsa menambanhkan beberapa contoh tentang theasaurus word

  2. harimur, 09 Feb 2012:

    Kalau ditambah beberapa contoh lagi, tulisannya menjadi terlalu panjang. Gimana, hayo? Anyway, makasih kunjungannya ya..


Ingin berkomentar?

Form komentar hanya disedikan di posting terbaru. Bila Anda ingin menyampaikan pertanyaan atau komentar, silakan gunakan contact form atau email.


Artikel Terbaru

Puisi pendidikan anak usia dini yang paling fenomenal adalah “Children Learn What They Live” yang ditulis Dorothy Law Nolte (terj. Indonesia oleh Jalaluddin Rakhmat).

If children live with criticism, they learn to condemn. ...
Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki. ...

Baca selengkapnya»